Laporan Pengadaan Famasi Obat dan BMHP 2022
Seperti yang dikutip dari laman resmi e-katalog.lkpp.go.id, berikut alur proses daftar untuk para pelaku usaha.
- Penyedia dapat mengakses e-catalogue produk barang/jasa Pemerintah melalui alamat e-katalog.lkpp.go.id.
- Klik “Login” yang terdapat pada bagian kanan atas aplikasi.
- Masukkan username dan password yang sudah terdaftar di SPSE, kemudian check list pada captcha “Saya bukan robot” dan klik kolom “Login”.
- Pilih kategori penyedia seperti Penyedia dan Distributor, Penyedia Saja, Distributor Saja. Perlu diketahui kalau pilihan tersebut bersifat permanen.
- Klik tombol “Submit” dan aplikasi akan logout secara otomatis. Pihak penyedia dapat melakukan login kembali.
- Setelah berhasil login akan tampil halaman “Syarat dan Ketentuan” penggunaan aplikasi.
- Pada menu “Katalog” terdapat pilihan komoditas katalog. Klik salah satu komoditas yang sesuai dengan usaha kamu.
- Pada menu “Komoditas” terdapat pilihan Penyedia, Produk dan Paket. Pilih Penyedia dan akan tampil menu “Edit Penyedia” dan “Daftar Distributor”.
- Pada halaman “Edit Penyedia”, kamu dapat merubah data dan menambah data representatif.
- Pada halaman “Daftar Distributor”, penyedia dapat melihat data distributor yang sudah terdaftar. Klik tombol “Tambah Distributor” untuk menambah data distributor.
- Masukkan data distributor dan pilih “User” (distributor harus sudah memiliki username yang terdaftar di LPSE.
- Setelah memilih “User” akan tampil pop up window “Daftar User”.
- Selanjutnya masukkan data representatif distributor.
- Pada menu “Produk”, terdapat menu “Daftar Produk” dan “Tambah Produk”.
- Pada halaman Daftar Produk terdapat fitur pencarian yang dapat digunakan untuk memudahkan penyedia dalam melakukan pencarian produk. Untuk menambah produk Klik “Tambah Produk”.
- Setelah memilih “Tambah Produk”, akan tampil halaman “Form Produk”. Penyedia wajib melengkapi data form produk yang berisi informasi mengenai detail produk.
- Pilih kategori produk yang sesuai untuk produk yang akan dibuat pada tab “Kategori Produk”.
- Pada tab “UNSPSC” akan muncul pilihan step 1 sampai dengan 4 yang harus dipilih sesuai informasi yang dibutuhkan atau klik tombol “Cari
- UNSPSC” untuk mencari daftar nomor UNSPSC. Apabila memilih tombol Cari UNSPSC, akan tampil pop up window Daftar UNSPSC.
- Untuk memilih kode UNSPSC, klik kode yang dipilih pada tabel UNSPSC, selanjutnya akan kembali ke halaman Form Produk tab UNSPSC.
- Pilih tombol “Simpan” jika sudah mengisi semua form. Kemudian aplikasi akan kembali ke halaman “Daftar Produk”.
- Untuk menghapus daftar produk yang sudah dibuat, penyedia dapat memilih tombol X berwarna merah yang terdapat di sebelah nomor nama produk.
- Untuk mengubah kembali data/informasi dari produk yang sudah dibuat, penyedia dapat memilih icon pensil yang terdapat di sebelah tombol X berwarna merah.
- Setelah produk berhasil disimpan, maka produk tersebut akan tampil di “Daftar Produk”.
- Penyedia diharuskan untuk mengisi data Deskripsi, kabupaten/kota, Harga, Gambar, Lampiran dan Kelola.
- Pilih Deskripsi pada kolom “Form Input dan akan masuk ke halaman “Form Deskripsi Produk”.
- Isi data atau informasi yang sesuai untuk produk tersebut dan klik tombol “Simpan”.
- Setelah memilih Simpan, maka akan kembali ke halaman “Daftar Produk”.
- Untuk mengelola harga, pilih “Harga” pada kolom “Form Input” dan akan masuk ke halaman “Form Import Harga Produk” atau “Input Harga Produk”.
- Saat memasukkan harga produk, penyedia harus mengunduh template harga yang sudah disediakan, kemudian diisi dan diunggah kembali ke dalam sistem, pastikan semua kolom terisi dengan benar.
- Untuk mengelola gambar produk, pilih Gambar pada kolom “Gambar” dan akan menampilkan halaman “Form Gambar Produk”, klik tombol “Cari File” untuk mencari gambar produk dengan tipe file JPG dan pilih “OK” kemudian klik tombol “Upload”.
- Untuk mengelola “Kelola Stok” produk, pilih Kelola pada kolom “Form Input” dan akan masuk ke halaman “Form Stok Produk”, kemudian input jumlah stok produk. Jumlah stok hanya berkurang apabila ada pemesanan melalui e-Purchasing.
- Penyedia tidak bisa mengurangi stok dengan cara merubah nilai stok lebih kecil dari yang sudah diisikan sebelumnya. Apabila sudah selesai pilih “Simpan” dan aplikasi akan kembali ke halaman “Daftar Produk”.
- Selanjutnya adalah meminta persetujuan Admin agar produk bisa tayang di katalog.
- Kemudian akan tampil pop up window persetujuan tayang.
- Setelah meminta persetujuan tayang, akan tampil status Menunggu Persetujuan.
- Apabila produk sudah disetujui untuk tayang oleh Admin, maka status menjadi Disetujui yang dapat dilihat pada kolom “Persetujuan Tayang
0 comments:
Posting Komentar